Zaman yang dimaksud adalah zaman setelah Indonesia mendapatkan kemerdekaan hingga saat ini. Pada zaman ini karena rakyat menjadi makmur dan perkembangan dimana-mana, maka seni rupa di Indonesiapun juga ikut berkembang. 

Pada masa ini muncul berbagai macam eksplorasi seni pertunjukan/ performance art. Performance art yaitu pertunjukan seni yang lebih menekankan pada visual atau pengamatan mata yang lebih banyak intensitasnya ketimbang iringan musik, suara manusia ataupun tari. Pada pertunjukan performace art, pesan yang disampaikan tidak secara langsung dan lebih mendalam, sehingga ketika melihat pertunjukan ini penonton harus benar-benar menyimak untuk dapat menikmatinya.
Contoh performace art di Indonesia

Seni rupa di Indonesia berkembang pesat seiring teknologi informasi dan komunikasi. Contoh dari perkembangan ini dapat kita lihat pada seni rekayasa komputer. Banyak jenis seni rupa yang menggunakan teknik komputer dalam pengerjaannya misalnya pada foto, editan gambar, desain komunikasi visual, animasi, film, gambar bergerak dan masih banyak lagi.



Selain itu terdapat juga seni instalasi, hampir setiap pameran seni rupa di Indonesia tidak lepas dari seni instalasi.